Interpretasi Citra Satelit IR MTSAT, Saat Hujan Lebat Pada Musim Kemarau di Wilayah Banjarbaru Kalsel

Juli 27, 2009 at 8:51 am (Citra Satelit MTSAT) (, , , , , , , )

by Dee

Berikut adalah Looping Citra satelit Infra Red MTSAT per satu jam pada tanggal 24 juli 2009 jam 08.00 – 18.00 Wita.

Ini di ambil pada saat kejadian hujan lebat di Wilayah Banjarbaru Kalimantan Selatan, hujan terjadi pada sore hari mulai pukul 16.00 Wita.

..

Dari Looping di atas terlihat pergerakan cakupan awan, pertumbuhan awan terlihat terjadi di laut jawa pada pagi hari, kemudian berkembang dan bergerak memasuki wilayah kalimantan selatan. ini juga di tunjang dengan proses konveksi di siang harinya.

Di atas ini merupakan looping citra satelit disertai kontur suhu puncak awan di wilayah Banjarbaru Kalimantan Selatan. Dari kontur tersebut terlihat adanya timeseries suhu puncak awan yang mengindikasikan ketebalan awan. Semakin dingin suhu tersebut awan semakin menjulang tinggi.

Berikut grafik Timeseries suhu puncak awan di Wilayah Banjarbaru (3.40 S – 114.92 E)

Presentation1

Dari Grafik di atas, terlihat suhu puncak awan mencapai -60 C. Hal ini mengindikasikan bahwa pada saat itu awan yang terbentuk pada wilayah tersebut menjulang tinggi. Data tersebut linier dengan terjadinya hujan lebat di sertai angin kencang di wilayah tersebut.

Kesimpulan :

Terjadinya Hujan Lebat disertai angin kencang dan petir dapat diprediksi dengan memonitoring citra satelit dan suhu puncak awan. Suhu puncak awan dapat mengindikasikan ketebalan awan. Semakin dingin suhu tersebut semakin menjulang tinggi awan yang terbentuk. studi kasus di atas suhu puncak awan mencapai -60 C,  ini dapat menyebabkan hujan lebat disertai angin kencang di Wilayah tersebut. Ini terjadi pada saat pertumbuhan awan berakhir maka sudah tidak adanya udara ke atas (updraft), sehingga hanya ada udara ke bawah (downdraft). Downdraft maksimum terjadi di dasar awan dengan perubahan suhu semakin dingin dan perubahan tekanan semakin rendah yang cepat. Downdraft inilah yang dikenal sebagai angin kencang atau gusty.

referensi

ftp:/mtsat.bmg.go.id

1 Komentar

  1. Dedy Farhamsa said,

    Dulu pernah aku liat dari temen-temen di meteorologi ambil data digital klimatologi dari web (lupa situsnya) trus diolah dengan program (dari fotran kalo gak salah). Minta infonya dong dimana aku bisa peroleh data-data iklim global tersebut, trus tool/aplikasi yang bagusan untuk mengolah data tersebut pake apa ya sekarang?
    thanks infonya

Tinggalkan komentar